Telp : 031-5921516

Publikasi Jurnal Mahasiswa : Pengujian Bandwidth Pada Sistem Setting Bonding Mikrotik Otomatis Menggunakan Library Paramiko

Rabu, 14 Juli 2021 - 21:30:57 WIB
Dibaca: 20 kali


 

 

 

 

Kaneo Dria Perkasa, dia adalah salah satu mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang sempat mengalami kegagalan dalam yudisium. Kegagalan yudisium membuat Kaneo harus menunggu satu semester lebih lama untuk dapat lulus. Namun kegagalan tersebut tidak membuat Kaneo diam begitu saja. Dibawah bimbingan Bapak Aris Sudaryanto, Kaneo mengisi waktu tunggunya dengan menulis jurnal ilmiah tentang tugas akhirnya.

 

Tugas akhir Kaneo adalah Sistem Setting Bonding Mikrotik Otomatis Menggunakan Library Paramiko. Proyek tugas akhir ini terinspirasi dari pekerjaan Kaneo sehari hari sebagai admin jaringan yang kerepotan ketika harus melakukan setting ulang setiap kali sebuah mikrotik mati, belum lagi jika jumlah mikrotik yang harus ditangani berjumlah banyak, maka semua harus disetting satu per satu. Dari masalah tersebut Kaneo berinisiatif membuah sistem otomatisasi setting bonding pada mikrotik. Untuk mengotomatisasi setting bonding pada mikrotik tersebut, Kaneo memanfaatkan library yang ada pada Paramiko (salah satu library Phyton).

 

Selanjutnya untuk memastikan sistem yang dibuat dapat berjalan dengan baik atau tidak, maka dilakukan uji bandwidth. Hasil uji tersebut lalu ditulis dalam bentuk jurnal ilmiah yang dikirimkan dan diterima untuk dipublikasikan di Jurnal Infotron yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro Unisma (Universitas Islam Malang).

 

Semoga keberhasilan Kaneo dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk tetap bangkit meski pernah mengalami kegagalan. Untuk membiasakan diri berpikir secara ilmiah, melakukan penelitian ilmiah, serta menulis artikel ilmiah. Lebih jauh lagi semoga hal ini dapat meningkatkan iklim akademik khususnya Program Studi Teknik Informatika, dan umumnya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.  

 


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya