Telp : 031-5921516

Publikasi Jurnal Mahasiswa : Uji Fungsional Sistem Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino

Rabu, 14 Juli 2021 - 21:22:20 WIB
Dibaca: 31 kali


 

 

Publikasi jurnal merupakan hal yang sudah umum dilakukan oleh dosen dosen, terutama dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Hal tersebut karena memang publikasi jurnal adalah salah satu bagian dari kewajiban dosen yang tertuang dalam tridharma, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. Namun bagi mahasiswa, publikasi jurnal ilmiah tentu bukan hal yang mudah dilakukan, mengingat mahasiswa belum terbiasa melakukannya.

 

Meskipun tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Hal ini dibuktikan oleh Achmad Azrul Dean Haris, salah satu mahasiswa tingkat akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Dibawah bimbingan Bapak Aris Sudaryanto sebagai pembimbing, Azrul berhasil menyelesaikan tugas akhirnya sekaligus berhasil mempublikasikan karyanya dalam bentuk jurnal ilmiah. Jurnal milik Azrul berhasil diterima dan dipublikasikan di Jurnal Infotron yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro Unisma (Universitas Islam Malang). Hebatnya lagi, jurnal milik Azrul dapat terpublikasi sebelum lulus.

 

Dalam tugas akhirnya, Azrul merancang sebuah sistem pengukur suhu tubuh tanpa kontak berbasiskan arduino. Proyek tugas akhir ini terinspirasi dari pandemi Covid19 yang melanda Indonesia. Untuk memudahkan proses pengecekan suhu tubuh dan meminimalisir sentuhan, maka sistem ini dioperasikan dengan tanpa sentuh, selain itu data orang orang yang telah diperiksa suhunya juga akan disimpan dalam basis data, sehingga dapat membantu proses tracing jika diperlukan. Dibawah bimbingan Bapak Aris Sudaryanto, Azrul kemudian melakukan uji fungsional terhadap sistemnya untuk melihat apakah fungsi fungsi utama sistem dapat berjalan dengan baik atau tidak. Hasil uji fungsional tersebut kemudian ditulis dalam bentuk jurnal ilmiah dan dipublikasikan. Jurnal lengkap Uji Fungsional Sistem Pengukur Suhu Tubuh Berbasis Arduino dapat diakses melalui tautan berikut ini : Link Jurnal.

 

Semoga keberhasilan Azrul dapat menginspirasi mahasiswa lainnya untuk membiasakan diri berpikir secara ilmiah, melakukan penelitian ilmiah, serta menulis artikel ilmiah. Lebih jauh lagi semoga hal ini dapat meningkatkan iklim akademik khususnya Program Studi Teknik Informatika, dan umumnya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.  

 


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya