Yudisium


PEMBUKAAN PENDAFTARAN Yudisium Gasal 2022-2023

Telah dibuka pendaftaran Yudisium Program Studi S-1 Teknik Informatika untuk semester Gasal 2022-2023. Pendaftaran dibuka sampai hari Kamis, 5 Januari 2023 pukul 15:30 WIB.


Persyaratan Berkas Yudisium

Untuk mendaftar yudisium, siapkan berkas-berkas berikut yang dijadikan satu dalam MAP PLASTIK TERTUTUP berwarna MERAH dan diserahkan ke TU Prodi Teknik Informatika (Pak Dodik):

1. Form Yudisium yang sudah ditandatangani oleh:
- Dua Dosen Penguji Sidang TA (Revisi Sidang TA)
- Dosen Pembimbing (Revisi Sidang TA & Artikel Jurnal TA)
- Dosen Wali (nilai, praktikum dan kecukupan SKS)
   
Tips Yudisium: Prioritaskan menuntaskan revisi Sidang TA Anda sebelum mengurus yang lain. Jangan nekat mengambil voucer atau hal lain yang menghabiskan biaya sebelum Anda beres di urusan revisi Sidang TA.
   
File formulir Yudisium dibedakan berdasarkan angkatan:
- angkatan 2015: https://s.id/form-yudisium-2015
- angkatan 2016-2019: https://s.id/form-yudisium-2016-2019

2. Hasil cetak Kartu Rencana Studi (KRS) semester ini (Gasal 2022-2023)

3. Transkrip nilai dari SIAKAD
Pastikan jumlah sks jika nanti Tugas Akhir dan mata kuliah masuk minimal 144 sks

Jika ada nilai mata kuliah yang belum keluar di semester ini:
- Buat surat keterangan nilai & minta tanda tangan dari dosen pengampu MK. Template surat keterangan: https://s.id/keterangan-nilai-mahasiswa
- Untuk KKN hubungi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) atau LPPM
- Untuk KP segera ikuti proses Sidang KP
   
Jika ada nilai mata kuliah semester terdahulu:
- Muncul di daftar nilai, tapi tidak ada di transkrip - segera hubungi Biro Akademik atau email ke akademik@untag-sby.ac.id
- Tidak muncul di daftar nilai dan transkrip, sehingga total tidak mencapai 144 sks? berarti Anda BELUM MENGAMBIL mata kuliah tersebut. Harus mengambil gantinya semester depan

4. Transkrip nilai Praktikum yang merupakan gabungan dari:
- Transkrip Praktikum dari FT (minta di loket FT)
- Hasil cetak semua nilai Praktikum dari SIM Praktikum (jika pernah mengambil praktikum melalui https://praktikum.untag-sby.ac.id)
   
5. Hasil cek Turnitin untuk Artikel Jurnal TA dengan tingkat plagiat ≤ 20%
- template bisa diambil di: https://s.id/template-artikel-jurnal-ta
- jika sudah accepted/published di jurnal/seminar, template menyesuaikan sana termasuk jika sudah dicek plagiasi Turnitn di sana, silakan merequest hasilnya ke sana.
- disarankan untuk melakukan turnitin di UNTAG bagi yang belum
   
Alur melakukan TURNITIN di UNTAG: https://s.id/alur-turn-it-in
   
6. PAS FOTO RESMI ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar untuk Ijazah
- Warna foto hitam putih, dan background warna putih
- Kertas foto yang DOFF/kertas mette
- Foto tidak bertepi (tidak ada bingkai kotak putih)
- Laki-Laki memakai hem putih, berdasi, dan jas hitam
- Perempuan memakai Busana Nasional
- Disarankan mengambil foto di studio Edi di Nginden Semolo
   
7. Isi dan cetak hasil pengisian Biodata dari SIAKAD
- pastikan semua benar terutama EJAAN NAMA & TEMPAT TANGGAL LAHIR (biasanya disamakan dengan ijazah SMA/SMK atau Akta Kelahiran)
- judul TA tidak boleh kapital semua. Hanya huruf pertama suku kata, atau singkatan dan istilah yang menggunakan huruf kapital
- Masuk menu Laporan dan cetak validasi Biodata
   
Untuk Biodata & Data Tugas Akhir PASTIKAN TIDAK ADA DATA YANG SALAH - kesalahan data akan Anda tanggung seumur hidup
   
8. Salinan/fotokopi 2x dari dokumen pribadi:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga (KK)
- Akta Kelahiran (tidak usah legalisir)
- Ijazah SMA/SMK (tidak usah legalisir)
- Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  
9. Salinan Sertifikat Kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Untag Surabaya
- Jika belum ada, segera mendaftar (biaya Rp250.000) Uji Kompetensi LSP P1 Untag Surabaya & minta bukti bayar/surat keterangan pendaftaran Uji Kompetensi untuk berkas Yudisium
- Jika Anda sudah punya Sertifikat Kompetensi dari LSP P3 Dwi Warna, silakan dipakai untuk berkas Yudisium
   
10.Blangko kelengkapan berkas Yudisium dari Biro Akademik
- diunduh dan dicetak dari link: https://s.id/blangko-yudisium
- pastikan poin 1 (Biodata), 3 (Turnitin ≤ 20%), dan 4 (bukti LSP) sudah ada
- poin 5 - 10 langsung diunggah ke https://efile.untag-sby.ac.id

11.Voucer Yudisium (1 paket) yang sudah divalidasi 
 - biaya Rp675.000 (ambil di loket FT)

12.Bukti pembayaran SPP bulan Januari 2023
 - untuk angkatan 2015-2017 akan diminta membayar SPP Februari 2023 ketika mendaftar wisuda
   
Masukkan semua berkas itu ke dalam MAP PLASTIK MERAH BENING. Untuk bentuk map yang disarankan cek pencarian dengan kata kunci "Map Plastik Kancing Punggung" di Google atau marketplace

Setelah berkas lengkap dan siap diserahkan:

a. Serahkan semua berkas yang sudah lengkap ke Prodi. 
- Ambil foto berkas ketika diserahkan untuk bukti 
- Isi form online untuk rekapan pendaftar Yudisium: https://s.id/pendaftar-yudisium

b. Tunggu hasil Rapat Yudisium Prodi yang dilakukan pada 9 Januari 2023
- Peserta Yudisium tidak perlu hadir, tapi standby jikalau diminta datang ke kampus
- Cukup menunggu hasil yang akan diumumkan di grup WhatsApp & Telegram
- Tindak lanjut setelah Yudisium akan diberitahukan setelah hasil diumumkan

c. Mencetak Buku Tugas Akhir di Percetakan Untag Surabaya (Gedung Graha Wiyata lt. 1 - sebelah Meeting Room 1)
- Tuntaskan penulisan Buku Tugas Akhir Anda
- Ajukan ke Dosen Pembimbing dan minta tanda tangan persetujuan pencetakan Buku TA
   * unduh template & isi surat keterangan pencetakan buku TA: https://s.id/keterangan-pencetakan-buku-ta
- Minta tanda tangan Kaprodi di Surat Keterangan Pencetakan
- Fotokopi 2x Surat Keterangan Pencetakan
- Serahkan ke Percetakan: softcopy (file PDF) & hardcopy dari Buku Tugas Akhir + Surat Keterangan Pencetakan (asli)
   * biaya percetakan 4 eksemplar @Rp60.000 untuk satu buku 80 halaman. Total Rp240.000 (menyesuaikan jumlah halaman)
   * bisa meminta 3 eksemplar saja yang memang untuk diserahkan ke Perpustakaan Universitas, Fakultas, dan Prodi
- Menunggu hasil pencetakan buku yang akan diserahkan ke Prodi dari Percetakan (bisa agak lama)
- Jika sudah dicetak, ambil di Prodi
- Minta tanda tangan Dosen Pembimbing, Kaprodi, dan Dekan Fakultas (+stempel) secara berurutan

d. Mengurus Bebas Perpustakaan, dengan menyerahkan Buku TA yang sudah ditandatangani lengkap ke:
- TU Prodi - 1x Buku TA
- Perpustakaan Fakultas Teknik di K.309 - 1x Buku TA
- Perpustakaan Universitas - 1x Buku TA
  * sekaligus mengurus Repositori Untag: mengunggah file PDF Buku Tugas Akhir yang dibagi per bab + artikel jurnal TA yang lolos turnitin
  * bagi yang sudah publikasi artikel ilmiah di luar Untag, gunakan template Surat Keterangan Pengalihan Publikasi:
     + Individu: https://s.id/alih-publikasi-indiv
     + Kelompok: https://s.id/alih-publikasi-group
   * mengembalikan buku yang lupa dikembalikan ke Perpustakaan Untag (jika ada)       
   * minta Keterangan Bebas Perpustakaan ke pihak Perpustakaan Untag

Simpan dokumen Bebas Perpustakaan tersebut dengan baik. Karena akan digunakan untuk mengambil ijazah.