Telp : 031-5921516

Workshop Kelas Online Menggunakan Edmodo

Jumat, 01 Maret 2019 - 14:33:28 WIB
Dibaca: 181 kali


 

Saat ini teknologi informasi sudah berkembang sedemikian rupa hingga meliputi berbagai aspek kehidupan. Era ini memunculkan fenomena fenomena baru seperti yang lazim disebut sebagai era disrupsi. Pada era disrupsi ini terjadi berbagai perubahan yang sangat besar bahkan revolusioner di berbagai bidang. Akibatnya tentu saja ada baik dan buruknya, baiknya antara lain memunculkan bidang bidang baru terkait teknologi informasi serta penerapannya. Sedangkan dampak buruknya banyak juga bidang pekerjaan yang hilang atau tiba tiba tergerus arus disrupsi ini.

 

Dalam rangka pengembangan, serta menyambut era digital tersebut, Universitas 17 Agustus 1945 kini mengimplementasikan pembelajaran sistem daring (dalam jaringan). Sistem pembelajaran daring ini memungkinkan terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan tanpa interaksi fisik antara dosen dan mahasiswa. Interaksi selama pembelajaran dapat dilakukan secara daring, melalui aplikasi. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan proses belajar mengajar, terutama bagi mahasiswa atau dosen yang memiliki minat belajar tinggi namun berhalangan untuk hadir dikelas.

 

Aplikasi pembelajaran daring yang digunakan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya adalah menggunakan Edmodoo. Akan tetapi, memang belum semua dosen maupun mahasiswa memahami dengan baik aplikasi pembelajaran Edmodoo, sehingga masih perlu pendampingan dan sosialisasi lebih lanjut.

 

Program studi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berinisiatif untuk melakukan pelatihan dan sosialisasi penggunaan aplikasi pembelajaran Edmodoo untuk dosen tanpa menunggu jadwal pelatihan yang diberikan oleh tim pelaksana. Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan Edmodoo ini dihadiri oleh sebagian dosen Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, termasuk Bapak Geri Kusnanto selakuk kaprodi, Bapak Muhammad Firdaus selaku GPM Fakultas Teknik, Bapak Supangat Budianto selaku Kepala DSI (Departemen Sistem Informasi), serta Ibu Dwi Harini selaku Kabag IT, juga bapak Elsen Ronando selaku tim pembelajaran blended learning.

 

Dengan semangat dan tingginya inisiatif yang dilakukan dosen Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam mempersiapkan pelaksanaan pebelajaran sistem daring ini diharapkan dapat turut memberikan andil positif bagi kemajuan kualitas pendidikan di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.