Telp : 031-5921516

Dosen Informatika Membantu Proses Evaluasi Teknologi Informasi Di Dunia Industri

Jumat, 26 Maret 2021 - 17:54:40 WIB
Dibaca: 55 kali


Surabaya (23/3) – Untuk mengukur tingkat kematangan penerapan teknologi informasi (IT Maturity), PTPN XII baru saja melakukan audit TI dengan menggandeng dosen informatika Untag Surabaya, Agus Hermanto, S.Kom, MMT, COBIT sebagai auditor TI.

Dari hasil audit yang dilakukan Agus dan tim, PTPN XII berhasil mendapatkan indeks IT Maturity sebesar 2.61 (skala 1-5). Hal itu cukup membanggakan karena sudah melampaui target skor RKAP 2020 yang sebesar 2.5. Selain itu sudah melampaui indeks IT Maturity 2019 yaitu 2.23.

Penyampaian hasil audit dilakukan pada Closing Meeting yang dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2021. Pelaksanaan Closing Meeting itu sendiri dihadiri oleh Auditor dan sebagian peserta melalui video conference karena mempertimbangkan protokol kesehatan di masa pandemic ini. Acara yang dihadiri Direktur dan jajarannya itu membahas hasil audit dan rekomendasi-rekomendasinya.

Agus Hermanto menyampaikan dalam paparannya “Skor 2.61 ini termasuk ke dalam kategori Largely Achieved dengan Capability Level berada pada tahap Managed. Adapun Performance Management sudah cukup baik, dan Work Product Management nya sudah cukup baik dan rutin. Selanjutnya dapat ditingkatkan untuk mencapai level di atasnya”.

Disamping mengukur IT Maturity, asesmen TI yang dilakukan beberapa waktu lalu tersebut juga mengukur kesiapan PTPN XII dalam menerapkan teknologi era industry 4.0. Pengukuran mengacu pada Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) yang diluncurkan pemerintah pada 2019 lalu. INDI 4.0 itu sendiri merupakan indikator penilaian tingkat kesiapan industri di Indonesia dalam menerapkan teknologi era industri 4.0.

“Dari hasil pengukuran INDI 4.0 tersebut, PTPN XII mendapat skor indeks 2.7 (skala 1-4) yang artinya masuk ke dalam kategori ‘Teknologi di Perusahaan Sudah Mulai Ditransformasi ke Industri 4.0’,” tambah Agus Hermanto.

“Hasil ini cukup membanggakan dan saya berterima kasih kepada jajaran di PTPN XII yang telah bekerja keras untuk mencapai hasil tersebut. Namun tentu ke depan tetap perlu kerja keras semua pihak di PTPN XII agar skor dapat semakin meningkat,” ujar Siwi Peni, Direktur PTPN XII, menanggapi hasil tersebut.

Sumber : http://ptpn12.com/2021/03/23/indeks-it-maturity-dan-indi-4-0-ptpn-xii-tahun-2020-meningkat/


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya