Telp : 031-5921516

Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa dalam Studi Kasus Industri

Selasa, 23 Februari 2021 - 16:43:46 WIB
Dibaca: 78 kali


Tata kelola Teknologi Informasi mempunyai peran yang vital bagi perusahaan (industri), karena berpengaruh pada peningkatan daya saing berbasis teknologi informasi. Mengingat peran vitalnya tersebut, maka PTPN XII mengundang dosen informatika, Agus Hermanto untuk melakukan audit tingkat kematangan teknologi informasi (IT Maturity) menggunakan framework COBIT 5.
Pelaksanaan audit teknologi informasi tersebut memerlukan waktu kurang lebih 30 hari dan dalam kesempatan tersebut, Agus Hermanto mengikutsertakan dua mahasiswa teknik informatika yaitu Nurul Fadila dan Iqbal Musyaffa sebagai bentuk kolaborasi dan upaya peningkatan skill dalam mengerjakan kasus nyata bidang Industri, agar lebih memahami penerapan konsep dan teori di bangku kuliah untuk penyediaan solusi.
"Kami berterima kasih pada Bapak Agus Hermanto atas kesempatan yang diberikan, dan tentu kami juga sangat antusias dalam kegiatan audit IT ini karena kami dapat mengetahui secara langsung pemanfaatan ilmu arsitektur enterprise dalam memberikan solusi permasalahan nyata bidang industri, sebagai bekal tambahan saat menyelesaikan perkuliahan dari kampus", jelas Nurul Fadila dan Iqbal yang dihubung di sela-sela waktu mereka melakukan kegiatan ini.
Sementara itu, dihubungi terpisah, Agus Hermanto sebagai dosen dengan latar belakang keilmuan E-Government ini menyampaikan, "Saya memang melibatkan mahasiswa sebagai bentuk peningkatan skill dan bekal beradaptasi saat mereka lulus kuliah. Semoga hal ini dapat memicu semangat mahasiswa lain agar selalu semangat belajar, karena seringkali ada kesempatan untuk mengajak mereka terjun langsung dalam mengatasi permasalahan industri dalam bidang IT".


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya