Telp : 031-5921516

PKKMB Daring Untag Surabaya

Rabu, 30 September 2020 - 22:24:13 WIB
Dibaca: 86 kali


Pada hari Senin 21 September 2020, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya resmi memulai pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021. PKKMB kali ini terasa istimewa daripada sebelumnya, karena untuk pertama kalinya dilaksanakan secara daring. PKKMB periode ini diikuti oleh 3105 Mahasiswa Baru (maba), dan diselenggarakan selama empat hari berturut-turut, mulai hari Senin hingga Kamis. Momen PKKMB merupakan media yang sangat berharga bagi mahasiswa baru untuk lebih mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan kampus.

“Membangun Generasi Berkarakter Nasionalis Menuju Indonesia Maju”, merupakan tema yang diusung dalam PKKMB kali ini. Ketua Pelaksana PKKMB, Dra. Ec. Ida Ayu Sri Brahmayanti, MM., menjelaskan bahwa PKKMB kali ini ingin memperkenalkan ciri khas Untag Surabaya kepada mahasiswa baru. Ciri khas tersebut tercermin dalam 5 Basis Nilai Karakter Untag Surabaya: Kebangsaan, Kejujuran, Kecerdasan, Keberagaman dan Kreativitas. Selama PKKMB, maba Untag Surabaya mendapat berbagai materi yang menggambarkan nilai-nilai kebangsaan Kampus Merah Putih. Misalnya, materi Wawasan Kebangsaan, materi Pendidikan Norma, Etika, Karakter, Kepribadian dan Spiritual, Materi Pendidikan Anti Penyalahgunaan Napsa, Materi Kampus Merdeka hingga Materi Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan.

Materi perundungan merupakan hal baru dalam PKKMB Untag Surabaya. Generasi sekarang kadang menganggap guyonan sebagai sesuatu yang normal, padahal guyonan mereka bisa saja termasuk atau memicu perundungan, jelas koordinator acara, Karolin Rista, S.Psi., M.Psi. Untag Surabaya sebagai kampus nasionalis yang mahasiswanya berasal dari berbagai suku, daerah serta latar belakang, sangat mewarnai keberagaman yang ada di dalam kampus. Hal ini menjadikan penting kepada seluruh keluarga besar Untag Surabaya untuk dapat saling menghargai satu sama lain, dan membuang jauh jauh segala bentuk tindakan perundungan atau tindakan lain yang bersifat merendahkan pihak lain.

Pelaksanaan PKKMB secara daring ini merupakan bentuk tanggung jawab besar Untag Surabaya dalam melindungi segenap anak bangsa (yang menjadi mahasiswanya) dari berbagai ancaman, termasuk ancaman penyebaran Covid-19. Namun meskipun online, tidak mengurangi makna PKKMB yang dilaksanakan, justru PKKMB daring ini menjadi sebuah pengalaman seru bagi mahasiswa maupun panitia. Semoga seluruh mahasiswa baru Untag Surabaya, terutama Informatika dapat menjadi mahasiswa yang baik, serta tekun dan ulet dalam mencari ilmu demi masa depan yang lebih baik.

Sumber foto : Humas Untag Surabaya