Telp : 031-5921516

Dosen Informatika Untag Surabaya Menjadi Narasumber Workshop Machine Learning & Deep Learning

Senin, 18 November 2019 - 19:37:39 WIB
Dibaca: 525 kali


 

Direktorat Sistem Informasi (DSI) YPTA Surabaya bekerjasama dengan Machine Learning ID dan Center of Data Science (CDS) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengadakan workshop ‘’Machine Learning & Deep Learning : The Fundamental’’. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 2 – 3 November 2019 di Gedung Graha Wiyata Untag Surabaya dengan menghadirkan ahli dan Wakil Gubernur Jawa Timur sebagai Keynote Speaker.


Kegiatan yang memang sangat “Informatika” ini mayoritas diikuti oleh mahasiswa Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Selain para mahasiswa, hadir pula Kaprodi Informatika yaitu Bapak Geri Kusnanto, serta dosen dosen Informatika lainnya. Dua orang dosen Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya bahkan menjadi narasumber dan seorang dosen lainnya menjadi moderator. Salah satu narasumber yang dimaksud adalah Bapak Supangat, serta Ibu Fajar Astuti yang menjadi salah satu moderator.

 

Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Bapak Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jawa Timur. Beliau berpesan agar kalangan akademisi semisal mahasiswa Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dapat mensinergikan kecerdasan buatan untuk perkembangan masyarakat serta program program pemerintah khususnya Jawa Timur seperti StartUp4Industry dan KEK Digital Singhasari. Dengan kerjasama yang baik dari seluruh kalangan, beliau berharap Jawa Timur dapat semakin maju daya saing industrinya, serta dapat menjadi pusat inovasi Teknologi Artificial Intellgent.


Machine Learning adalah metode yang digunakan untuk membuat program yang bisa belajar dari data, sehingga program mampu belajar sendiri dengan mempelajari pola dari contoh – contoh yang dianalisa. Sedangkan untuk Deep Learning adalah algoritma yang digunakan dalam sebuah kecerdasan buatan karena mampu mengurangi beban pemprograman yang eksplisit.


Machine Learning dan Deep Learning merupakan sebuah metode dan salah satu jenis algoritma jaringan yang sedang banyak dibicarakan bahkan digunakan dalam bidang IT, penelitian dosen serta mahasiswa Teknik Informatika sendiri. Pembelajaran Machine Learning dan Deep Learning ini kurang lebih seperti dalam pembelajaran Artificial Intelligent (AI), yaitu pembelajaran mengenai pemikiran robot, sistem otomatis dan sebagainya yang bersangkutan. Jadi ini sangat terbaharukan.


Rangkaian kegiatannya adalah hari pertama materi yang diajarkan yaitu Machine Learning dan hari keduanya adalah Deep Learning. Dengan pemberian live coding disetiap materi sehinga selama dua hari peserta tidak full monoton mendengarkan materi saja tetapi juga langsung praktek di tempat sekaligus.


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya