Telp : 031-5921516

Teknik Informatika Kerjasama GDG Surabaya & Google Educator Indonesia Mengadakan Pre Developer Festival Roadshow

Selasa, 20 September 2016 - 15:43:15 WIB
Dibaca: 5 kali


Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya akan mengadakan kegiatan Pre Developer Festival Roadshow. Kegiatan yang bertempat di Graha Wiyata lantai 9 berkerja sama dengan Google Developer Group (GDG Surabaya), dan Google Educator Indonesia, Rabu (21/9/2016).

Agus Hermanto, S.Kom., M.MT selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan Pre Developer Festival Roadshow khusus untuk mahasiswa teknik informatika, yang berupa seminar dan presentasi penggunaan developertools untuk aplikasi digital berbasis mobile.

“Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pengenalan kepada mahasiwa agar dapat mengembangkan potensinya untuk dapat membuat aplikasi pada perangkat mobile yang bagus dan dapat dikomersialisasi,” jelas dosen pengampu mata kuliah Pemograman Visual itu.

Lebih lanjut Agus Hermanto menjelaskan, dalam kegiatan Pre Developer Festival Roadshow tersebut, tim GDG Surabaya akan mengulas tentang pemanfaatan Firebase sebagai tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile dan multiplatform, sekaligus memperkenalkan pengembangan aplikasi dengan fitur machine learning menggunakan Google Cloud Natural Language API.

“Apabila dua developer tools ini digabungkan ke dalam satu aplikasi, hasilnya akan sangat powerfull karena firebase menyediakan dukungan basis data, sedangkan machine learning akan menyediakan berbagai macam algorithma untuk kebutuhan aplikasi yang berbasis kecerdasan buatan,” tambahnya.

Agus Hermanto berharap dengan dilaksanakannya Pre Developer Festival Roadshow itu akan memberikan wawasan dan semangat kepada para mahasiswa sebagai calon technopreneur untuk terus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Selain itu, juga berupaya menciptakan banyak startup digital sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah untuk menumbuhkan industri kreatif digital di dalam negeri.

“Pasca dilaksanakannya kegiatan ini, akan dilakukan kegiatan yang berupa codelabs, yaitu pelatihan pemrograman sebagai bekal teknis dalam pembuatan aplikasi startup, sehingga Program Studi Teknik Informatika dapat mengirimkan perwakilan dari mahasiswa untuk mengikuti ajang kompetisi yang bergengsi semacam Lite Hackaton dan sebagainya,” tutupnya.