Telp : 031-5921516

Ibnu Dan Hendra Mahasiswa UNTAG Kerja Praktek CV.Provesca Surabaya

Selasa, 08 Desember 2015 - 15:28:07 WIB
Dibaca: 109 kali


Ibnu Taufan dan Hendra Soarubun mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) UNTAG melakukan kerja praktek menganalisa tentang sistem jaringan komputer di CV.Provesca Surabaya. Selama satu bulan.

Ibnu kepada warta17agustus.com menjelaskan, perkembangan teknologi sistem Informasi manajemen (SIM) yang terintegrasi saat ini sangat pesat, banyak perusahan membutuhkan teknologi tersebut untuk keperluan pengelolahan data (data keuangan, aset perusahaan, pemasaran, dsb ) guna mendukung dalam proses pengambilan kebijakan perusahaan. Untuk mendukung sistem informasi yang terintegrasi tersebut perusahaan perlu membangun jaringan komputer yang bisa menghubungkan dari pusat komputer (server) ke komputer user

“ Dalam menjalankan administrasi kantor dituntut adanya suatu sistem jaringan komputer yang dapat menghubungkan sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainya dalam suatu kesatuan untuk menjalankan tujuan tertentu,” paparnya.

Lanjut Ibnu, tujuan dibangunnya  suatu  jaringan  komputer adalah  untuk  membawa  data  informasi  dari  pengirim  menuju  penerima  secara  cepat  dan tepat  tanpa  adanya  kesalahan  melalui media   transmisi   atau   media komunikasi tertentu. “ Media transmisi atau media komunikasi itu sendiri ada yang menggunakan kabel ataupun tanpa kabel,” kata Ibnu.

Pada kesempatan yang sama, Hendra mengatakan, terdapat beberapa aplikasi yang digunakan oleh kantor untuk mengetahui struktur jaringan dan juga memonitoring jaringan, dimana dengan aplikasi tersebut perusahan menerima data penggunaan bandwidth, jaringan, dan monitoring penggunaan hardware yang membantu untuk mengoptimalkan efisiensi jaringan kantor.

“ Selama kerja praktek, kita mempelajari struktur jaringan yang digunakan dalam jaringan komputer perusahan dan mengetahui penggunaan aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk kebutuhan maintenance jaringan,” jelas Hendra.

Hendra berharap kerja praktek yang mereka laksanakan di CV. Provesca itu dapat bermanfaat dan membantu perusahaan untuk lebih memahami teknologi agar bisa disampaikan ke masyarakat luas. Selain itu, mampu mempermudah tugas staff CV. Provesca dalam bidang pendidikan.