Analisa Modul Inventory And Warehouse Management Pada Program Microsoft Dynamics Ax 2012

Kamis, 29 Oktober 2015 - 10:52:25 WIB
Dibaca: 1605 kali


Dodi Oktavianto Saputra mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya melakukan kerja praktek di PT. Mikatasa Agung yang beralamat di Jalan Rungkut Insdustri 2 No. 2-4 Surabaya tentang Implementasi Dan Menganalisa Modul Inventory And Warehouse Management Pada Program Microsoft Dynamics Ax 2012”.

Microsoft Dynamics AX 2012 (AX 2012) merupakan salah satu ERP versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft Corporation, AX 2012 diposisikan sebagai ERP untuk perusahaan-perusahaan ukuran menengah keatas dan diklaim sebagai ERP yang mampu merespon perubahan yang cepat baik perubahan lingkungan bisnis maupun perubahan atau pertumbuhan perusahaan itu sendiri.

Dodi menjelaskan hal itu dimungkinkan karena tersedianya prebuilt model business untuk setiap industry, terintegrasinya development tools dan bahasa pemrograman yang relatif mudah, framework aplikasi AX 2012 mendukung operasional perusahaan yang menggunakan multi currency dan hanya dengan satu instance AX 2012. “Perusahaan yang memiliki multi divisi, cabang atau anak perusahaan dimanapun berada dapat didukung oleh ERP tersebut,” ujarnya kepada warta17agustus.com.

Pada waktu pelaksanaan kerja praktek, Dodi menemukan beberapa kendala dikarenakan program  Microsoft Dynamics AX saling terhubung antara department satu dengan yang lain. Selain itu, program yang sudah ada yaitu memakai program DOS, untuk transisi ke program Microsoft Dynamics AX 2012 juga membutuhkan waktu yang lumayan lama. “Ini disebabkan karena beberapa staff cabang sudah merasa nyaman menggunakan program DOS dan dirasa susah untuk merubah kebiasaan tersebut,” imbuh Dodi.

Berdasarkan hasil pengamatannya selama praktek itu, karena program Microsoft dynamics ini saling terhubung. Salah satu contohnya seperti produksi dengan gudang, biasanya yang jadi kendala Bon masuk barang jadi dari produksi dan produksi packing biasanya bon barang masuk terlambat 1 hari, jadi stock dalam hal penginputan ke program juga terlambat.

“Kedepannya setelah program Microsoft dynamics ini berjalan agar mengganti program yang ada saat ini (DOS) dan untuk bon interent/bon barang yang masuk dan keluar tidak boleh ada keterlambatan,” ucap Dodi.


Adapun beberapa kegiatan yang diilakukan Dodi adalah training dan mempelajari program Microsoft Dynamics AX 2012 dilaksanakan di ruang department Warehouse dan memberikan training kepada staff-staff khususnya Departement Warehouse yang dilaksanakan di ruang departement warehouse.

“Dengan adanya system ini nantinya diharapkan lebih memudahkan user dalam hal pembuatan laporan data serta keakurasian dan keakuratan data serta lebih efisiensi dari program sebelumnya,” pungkas Dodi.

 


Untag Surabaya || Fakultas Teknik Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya