Telp : 031-5921516

Pengarahan Program Penelitian dan Pengabdian Ponorogo 2019

Sabtu, 12 Mei 2018 - 23:07:51 WIB
Dibaca: 53 kali


Jumat, 12 Mei 2018 lalu telah digelar rapat pengarahan Penelitian dan Pengabdian Universitas 17 Agustus 1945 di Ponorogo. Pengabdian dan Penelitian di Kabupaten Ponorogo ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang. Kebetulan juga, kampus Universitas 17 Agustus 1945 sudah diminta oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk melakukan pengabdian dan penelitian di wilayahnya. Bahkan dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan antara pihak LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Untag Surabaya dengan pihak Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

 

Untuk menindak lanjuti kerjasama tersebut, maka  LPPM Untag Surabaya melakukan sosialisasi sekaligus pengarahan kepada dosen dosen Untag Surabaya. Dosen yang hadir dalam kegiatan tersebut ada dari berbagai jurusan, diantaranya Jurusan Teknik Informatika yang diwakili oleh sejumlah dosen. Dosen tersebut antara lain adalah Bapak Muhamad Firdaus, Bapak Supangat, Bapak Aris Sudaryanto, serta Ibu Dwi Harini Sulistyowati.

 

Poin poin yang dapat ditangkap dari pengarahan Penelitian dan Pengabdian Ponorogo ini ada banyak. Mulai dari tema penelitian dan pengabdian. Jika tema penelitian dan pengabdian sudah sejalan dengan roadmap penelitian dan pengabdian jurusan, maka sebaiknya diikutkan skema pendanaan dari DRPM. Sebaliknya jika tema penelitian atau pengabdian tidak sejalan dengan roadmap penelitian dan pengabdian jurusan, maka kegiatan dapat dalam skema pendanaan penelitian dan pengabdian mandiri yang dikelola oleh Untag sendiri.

 

Sebagai data awal untuk membuat proposal atau abstrak, data data statistik dan rpjmd Kabupaten Ponorogo sudah diserahkan kepada pihak Untag. Hard copy-nya dibawa oleh bapak Handi Teknik Industri, sedangkan versi soft copy-nya akan disebarkan kepada jurusan masing masing melalui kaprodi.

 

Jika tidak ada halangan, Jumat 18 Mei mendatang akan digelar pertemuan lanjutan antara Pemkab Ponorogo dengan LPPM Untag Surabaya. Maka dari itu, bagi dosen yang menginginkan melakukan penelitian atau pengabdian di Ponorogo, diharapkan dapat mengumpulkan lebih dahulu abstrak dari penelitian atau pengabdian yang akan dilakukan kepada LPPM sebelum hari selasa 15 Mei 2018 mendatang. Sedangkan proposal pengabdan atau peneltian dapat disusulkan kemudian, selama belum sampai batas akhir.

 

Penelitian atau pengabdian di Ponorogo kali ini sangat diharapkan agar dosen dosen Untag melakukan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu, dari jurusan jurusan lain. Bahkan akan lebih baik jika dosen melakukan kolaborasi dengan dosen dari Universitas dan jurusan lain, serta melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian atau pengabdian.

 

Kedepan, diharapkan dosen dosen Untag akan lebih produktif lagi dalam melakukan kegiatan pengabdian dan penelitian, sehingga dapat meningkatkan produktifitas Untag secara umum.