Telp : 031-5921516

The Marketing Strategy Model To Improve Customer Satisfaction And Loyalty Using Apriori Algorithm

Kamis, 21 Juli 2016 - 11:14:12 WIB
Dibaca: 39 kali


Anis Rahmawati Amna, S.Kom.,M.Kom  salah satu speaker  Konferensi Internasional PHENMA 2016 mepresentasikan hasil riset “The Marketing  Strategy Model To Improve Customer Satisfaction And Loyalty Using Apriori Algorithm” di hotel Elmi Surabaya (20/7/2016).

Pemahaman perilaku pelanggan memainkan peran penting untuk mempertahankan pangsa pasar dan meningkatkan keuntungan suatu perusahaan. Riwayat data pelanggan dapat digunakan untuk menentukan tren dari masing-masing pembeli.

Dosen teknik Informatika UNTAG Surabaya, Anis Rahmawati Amna, S.Kom.,M.Kom mengatakan salah satu risetnya membahas tentang penggunaan algoritma data mainning terutama Association rule untuk menentukan kebiasaan customer dalam membeli produk. Riset ini menggunakan metode Apriori yang merupakan salah satu teknik data mining yang efektif untuk mengidentifikasi hubungan antara kelompok produk , barang  atau kategori.

“ Diperlukan investigasi perilaku pelanggan melalui data historis penjualan untuk mengembangkan model pemasaran strategi yang sesuai untuk setiap jenis pelanggan, karena setiap jenis pelanggan memiliki strategi pemasaran yang berbeda-beda,” papar Anis pada warta17agustus.com.

“ Dalam riset penggunaan algoritma data mainning terutama Association rule saya mengambil data dari apotek dan klinik kesehatan, hasilnya calon pelanggan dengan probabilitas keberhasilan mencapai 78 % untuk apotek dan 71 % untuk klinik kesehatan sementara dokter dan bidan tidak terpengaruh untuk promosi penjualan atau rekomendasi. Untuk perencanangan model algoritma dan sistemnya sudah selesai dan sudah bisa di implementasikan didunia bisnis,”tambah dosen asal Kediri tersebut.

“ Harapannya dengan mebagi pembeli dalam beberapa segmen kita bisa melihat tren dimasing-masing segmen, misal ketika pembeli mau membeli barang penjual bisa merekomendasikan barang yang sesuai dengan tren pembeli tersebut. Keunggulannya  bisa meningkatkan profit perusahaan dan sebagai sarana promosi serta sebagai rekomendasi untuk pembeli agar tidak salah dalam membeli barang,”tutup dosen Teknik Informatika tersebut.