Telp : 031-5921516

Zia Elwafi Mahasiswa FT Kerja Praktek Membuat Sistem Informasi Perencanaan Penjualan Berbasis Client Server

Kamis, 17 Desember 2015 - 11:08:40 WIB
Dibaca: 12 kali


Basofi Irawan dan Zia Elwafi Pradana mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya kerja praktek di PT. Indomarco Prismatama Sidoarjo membuat Perancangan Sistem Informasi Perencanaan Penjualan.

Menurut Basofi, saat ini minimarket yang ada masih menggunakan cara manual untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai kelayakan lokasi barunya yaitu dengan cara mengamati kondisi gerai minimarket terdekat dan survey ke lokasi secara langsung. Hal ini tentu saja membutuhkan tenaga dan waktu yang lama sebelum pihak minimarket dapat memastikan kelayakan suatu lokasi untuk membuka gerainya dikarenakan kurangnya informasi lokasi tersebut. “Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan sistem dalam suatu proyek minimarket yang akan di bangun,” kata Basofi

Basofi menambahkan, pembuatan sistem informasi perencanaan penjualan berbasis client server pada Minimarket Indomaret Sidoarjo itu adalah untuk mempermudah saat pencarian data barang secara teliti, tidak memakan waktu lama, dan mengetahui kode barcode nama barang.

Sedangkan Elwafi pada warta17agustus.com menjelaskan, perancangan sistem penjualan yang mereka kembangkan dapat menghindari kesulitan dalam transaksi penjualan serta meningkatkan produktifitas perkerjaan dan efisiensi waktu. Perancangan Sistem tersebut dapat mengelola pencatatan dan laporan transaksi penjualan barang, laporan penjualan barang. “Dengan menggunakan perancangan sistem ini pembuatan laporan transaksi penjualan akan lebih efektif,” kata Elwafi.

Mahasiswa Teknik Informatika itu berharap, dengan adanya perancangan program itu dapat meningkatkan kualitas dan mempermudah melakukan transaksi dengan cepat, tepat, dan akurat. Disamping itu, juga dapat meningkatkan pelayanan pelanggan. “Perancangan ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai bahan bagi pengembang selanjutnya yang berkaitan dengan pembuatan program khususnya program yang mengenai minimarket,” tutup Elwafi.