Telp : 031-5921516

TEKNIK INFORMATIKA DAN PT INDOSAT M2 MENGADAKAN PELATIHAN CHROMEBOOK

Senin, 27 Juni 2016 - 10:33:42 WIB
Dibaca: 227 kali


Program Studi Teknik Informatika UNTAG Surabaya bekerjasama dengan Google in Education dan Indosat M2 menyelenggarakan Pelatihan Chromebook dengan tema “ Menuju Indonesia Digital Nation ”. Pelatihan yang bertempat di Ruang I 205, Gedung Pascasarjana itu mengundang 11 SMA yang ada di Surabaya, Rabu (1/6/2016).

Kepala BSI, Supangat, S.Kom.,MM.Kom usai pelatihan kepada warta17agustus.com mengatakan, sejalan dengan arah pendidikan secara global yang menuju pendidikan berbasis digital, maka diperlukan sarana pendidikan berbasis digital yang efektif dan efesien.

“Pelatihan Google in Education ini sebagai salah bentuk kontribusi dan sosialisasi terhadap pendidikan dalam bidang perkembangan teknologi,” ucap dosen Teknik Informatika, Fakultas Teknik itu di kantornya, Rabu (1/6).

Chromebook adalah laptop ringan yang dirancang untuk orang-orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka secara online. Chromebook menjalankan sistem operasi yang disebut Chrome OS, yang mirip dengan Windows atau Mac OS X, tapi berdasarkan platform Linux.

“Chromebook tidak bergantung pada perangkat, seperti software, karena dilakukan secara online. Jadi, tinggal pakai. Konsepnya seperti android, sangat aplikatif,” tambah Supangat.

Beberapa keunggulan menggunakan Chromebook, seperti Chromebook siap untuk digunakan dalam waktu sekitar 8 detik, daya tahan baterai dua kali pada laptop standar Windows, Chrome OS memiliki built-in virus dan perlindungan malware sehingga tidak perlu khawatir tentang file berbahaya bila menggunakan Chromebook, pengguna Chromebook dapat membuat account untuk melacak atau membatasi aktivitas online untuk anak – anak mereka secara online, dan lain sebagainya.

“Selama pelatihan peserta ditraining tentang cara penggunaan cromebook, cara penggunaan Classroom, dan penggunaan google education. Setelah ini akan ada pelatihan lanjutan,” tutup Supangat.

Adapun sebelas SMA yang diundang di pelatihan Cromebook adalah SMA Gema 45 Surabaya, SMA Barunawati Surabaya, SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya, SMA Kemala Bhayangkari 2 Surabaya, SMA Dr. Soetomo Surabaya, SMA IPIEMS Surabaya, SMA Dharma Wanita Surabaya, SMA Muhamadiyah 2 Surabaya, SMA SAIM Surabaya, SMA Tri Murti Surabaya, SMA Hang Tuah 4 Surabaya, SMK Wachid Hasyim Surabaya, SMAN 1 Gedeg Surabaya, SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya, SMA Merlion International School Surabaya, SMA 17 Agustus 1945 Surabaya, SMAN 3 Surabaya, dan SMAN 17 Surabaya.