Telp : 031-5921516

Pelatihan Kerja Bagi Alumni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Jumat, 13 September 2019 - 08:38:29 WIB
Dibaca: 94 kali


 

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) UNTAG Surabaya mengadakan pelatihan Menuju Dunia Kerja dan Campus Hiring selama 2 hari, yaitu Senin hingga Selasa tanggal 9 sampai10 September 2019 di Gedung Prof. Dr. Roeslan Abdul Ghani lantai 2.

 

Kepala Bagian Councelig and Career Center (CCC), Rahma Kusumandari, S.Psi., M.Psi. Psikolog mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan adalah memberikan layanan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kapasitasnya agar bisa sukses baik secara akademis maupun dalam karir.

 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 130 peserta yang terdiri dari mahasiswa yang baru saja telah lulus dan dari alumni. Dalam kegiatan tersebut dibekali dengan beberapa pemateri yg akan sangat bermanfaat dari pakar yg ahli dibidangnya masing-masing. Materi pertama dari  Disnaker Propinsi Jawa Timur yang menjelaskan peta peluang kerja di Jawa Timur serta upah masing-masing daerah. Materi ini bertujuan agar peserta memperhitungkan kebutuhan apa saja yang akan keluarkan saat sudah bekerja nantinya.

 

Materi kedua disampaikan oleh Asosiasi  Pengusaha Indonesia yang menjelaskan tentang wirausaha. Tujuan dari materi ini adalah untuk memberikan wawasan serta pemahaman apakah peserta cocok menjadi seorang wirausaha atau lebih cocok menjadi  karyawan. Tak lupa disampaikan kita kiat untuk membentuk karakter wirausaha maupun karyawan sukses.

 

Materi ketiga dari Ibu Karolin Rista Rumandjo, M. Psi.,  Psikolog yang menjelaskan tentang kiat kiat untuk menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan dan penampilan dalam dunia kerja. Materi keempat dari representatif PT Adira Dinamika Multi Finance menjelaskan tentang pengelolaan keuangan yang sehat, sehingga diharapkan para wisudawan yang telah diangkat kerja bisa mengelola keuangannya dengan baik.

 

Materi kelima tentang kiat penulisan surat lamaran dan professional CV disampaikan oleh representatif PT Mutualplus Global Resource yang merupaka konsultan sumber daya manusia yang sering menanganil proses rekrutmen sejumlah perusahaan. Materi terakhir disampaikan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Surabya yang memaparkan tentang hak dan kewajiban pekerja berdasarkan UUD Ketenagakerjaan.

 

Setelah selesai dengan berbagai workshop dan seminar pada hari pertama, hari kedua dilakukan campus hiring yang diikuti berbagai perusahaan seperti PT. Mega Global Food Industri, Departemen Feva Group, PT. Mutualplus Global Recourses, PT. Siantar Top Tbk, PT. Swakarya Insan Mandiri, Kredit Plus, PT. Semen Indonesia Distributor, The Alana Hotel Surabaya, PT. ESCO Bintan Indonesia, dan PT. Pancuranmas Indo Sejati dan lain lain.

 

“Jadi kami membantu mendampingi mahasiswa dalam proses dia belajar di sini, kalau dia memang ada problem dia bisa melakukan konseling di sini. Tapi tidak sampai disitu, kami juga turut berusaha mendampingi adik adik mahasiswa dan alumni untuk memasuki dunia pasca kampus,”Tutup  Rahma.