Telp : 031-5921516

Dosen Informatika Untag Surabaya Raih Hibah Dikti Untuk Membuat Sistem Informasi BUMDES Di Galengdowo Jombang

Rabu, 11 September 2019 - 13:42:23 WIB
Dibaca: 107 kali


 

Latar belakang pengajuan dana hibah adalah saat ini setiap desa mendapatkan dana dari Pemerintah untuk pembiayaan dan pengadaan sarana prasarana demi kemajuan desa, antara lain bidang pendidikan, kesehatan, pangan, pengembangan koperasi dan sebagainya. Desa dituntut untuk jeli memanfaatkan potensi yang dimiliki serta berusaha mengembangkannya demi kemajuan dan meningkatkan kesejahteraan desa.

 

Jadi, menurut Dwi Harini Sulistyawati S. ST., MT. dan Luvia Friska S.ST., MT., semua sistem yang ada di desa pasti memerlukan pengelolaan manajemen keuangan untuk meningkatkan kinerja dan keterbukaan dari dana desa yang telah diberikan, sehingga disini kami mengusulkan membuat suatu aplikasi sistem informasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang mampu menampung dan mengolah dana, yang berisi semua laporan pemasukan dan pengeluaran secara terperinci dan transparan. Untuk sistem keuangannya kedua dosen muda tersebuat menngandeng Dr. Dra Ida Ayu Brahma Ratih M. M. yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

 

Setelah lolos mendapatkan dana hibah maka dibuatlah aplikasi BUMDES berdasarkan survey dan koordinasi dengan pihak pengelola BUMDES untuk menentukan kebutuhan sistem.  Setelah aplikasi selesai dibuat maka diadakan sosialisasi dan pelatihan. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem tersebut dapat membantu pengelolaan manajemen keuangan desa secara otomatis, tidak lagi menggunakan sistem manual yang masih terpisah dan rawan kekeliruan (human error).

 

Semoga prestasi yang diraih oleh dosen Informatika Untag Surabaya ini dapat memotivasi seluruh keluarga besar prodi Informatika Untag Surabaya untuk terus berkarya dan meraih prestasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya prodi Informatika Untag Surabaya lebih dan lebih baik lagi.