Telp : 031-5921516

Rajin, Dosen Informatika Datang Awal Pada Pelatihan Paten Bersama LPPM Untag

Selasa, 16 April 2019 - 11:02:21 WIB
Dibaca: 89 kali


 

Hak Paten merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap hasil karsa cipta manusia. Hasil karsa cipta tersebut bisa berupa banyak hal, produk, merk, program komputer dan seterusnya. Produk, serta program komputer tersebut sebenarnya sudah diproduksi oleh mayoritas dosen, entah dari penelitian atau kegiatan lainnya. Namun sayang, kondisi Paten di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya masih kecil, yaitu berjumlah 6 paten saja. Padahal seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa produk produk yang berpotensi menjadi paten tersebut adalah hal yang sehari hari dihasilkan oleh dosen dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

 

Untuk meningkatkan paten yang ada di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, maka LPPM mengadakan Pelatihan Paten bagi dosen dosen di lingkungan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Pelatihan Paten ini disambut dengan sangat antusias oleh dosen dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, bahkan karena semangatnya dosen dosen program studi Informatika datang lebih awal dari peserta yang lain. Ketika peserta yang datang baru sepuluh orang, 7 diantaranya adalah dosen Informatika.

 

Pelatihan Paten ini diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Tujuan dari pelatihan paten ini adalah untuk mendorong dosen dosen Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk lebih produktif dalam menghasilkan paten. Karena selama ini ada banyak produk yang dihasilkan oleh dosen, namun belum diteruskan untuk diajukan menjadi paten.

 

Dengan semangat yang tinggi dari para dosen Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam mengikuti pelatihan paten ini semoga dapat meningkatkan produktifitas program studi khususnya dalam menghasilkan paten dan umumnya dalam proses pengajaran sehingga kualitasnya dapat semakin meningkat.