Telp : 031-5921516

Sendang Dajah, Desa KKN Terbaik Bimbingan Dosen Informatika

Kamis, 04 April 2019 - 19:50:53 WIB
Dibaca: 52 kali


 

Jum'at lalu (29/03/2019), digelar Prosesi Penutupan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya). Jarak waktu antara pelaksanaan KKN dengan prosesi penutupan kali ini memang cukup jauh, hal ini diakui oleh Bapak YB Agung Prasaja selaku Ketua Panitia KKN. Jauhnya jarak antara pelaksanaan KKN dengan penutupan tersebut disebabkan karena memang waktu permulaan pelaksanaan KKN berbeda beda, dimulai dari pelaksanaan KKN non reguler, kemudian disusul dengan KKN Tematik Jombang, lalu KKN Tematik Ponorogo, sedangkan yang terakhir adalah KKN reguler Gresik. Disisi lain, pelaksanaan penutupan KKN harus menunggu seluruh proses KKN, termasuk dengan laporan dan luaran selesai, padahal lokasi KKN cukup banyak, di Gresik saja ada 26 desa. Hal tersebut yang mengakibatkan pelaksanaan penutupan KKN menjadi agak terhambat.

 

Pada prosesi penutupan KKN ini diumumkan pemenang lomba KKN dari berbagai kriteria, mulai dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) terbaik, desa terbaik, hingga video terinspiraif, dan banyak lagi kategori lainnya. Secara mengejutkan, Desa Sendang Dajah yang merupakan desa KKN bimbingan dari Ibu Reny Nadlifatin mendapatkan penghargaan sebagai Desa Terbaik. Pencapaian ini memang cukup luar biasa, karena penilaian untuk Desa Sendang Dajah dilakukan terakhir kali, artinya desa ini menunggu paling lama untuk dikunjungi. Namun meski dikunjungi paling akhir, ternyata Desa Sendang Dajah justru menunjukkan antusiasme masyarakat yang paling tinggi selama penilaian. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari mahasiswa KKN, pihak desa, warga desa, serta kerja keras dari Ibu Reny yang juga merupakan salah satu dosen program studi Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag).

 

Selain Ibu Reny, ada cukup banyak dosen dosen program studi Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang turut serta dalam pelaksanaan KKN Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya kali ini. Dosen Informatika tersebut antara lain adalah Ibu Anis Rahma dan Ibu Luvia Friska sebagai DPL, serta Bapak Aris Sudaryanto sebagai panitia. Selain beliau beliau, masih ada lagi dosen Informatika lainnya yang juga andil, namun tidak tercatat dalam kepanitiaan, misalnya sebagai pemateri, DPK (Dosen Pembimbing Kegiatan), dan lain lain.

 

Prestasi yang telah diraih oleh Ibu Reny beserta kelompok KKN Desa Sendang Dajah tersebut semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk
terus berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap tahap pembelajaran yang dilalui di kampus tercinta ini.

 

Daftar lengkap peraih penghargaan dalam penutupan KKN kali ini adalah sebagai berikut :
 

Peringkat kelompok Desa (KKN Reguler) :
1. Desa BabakBawo (Skor 265)
2. Desa Tiremenggal (Skor 264,8)
3. Desa Mentaras dusun Sidobangun (Skor 260,4)

Peringkat kelompok Desa (KKN Non Reguler) :
1. Desa Sendang Dajah (Skor 331)
2. Desa Menur Pumpungan(Skor 330)
3. Desa Bringen (Skor 327)

Apresiasai DPL terbaik (KKN Reguler) :
1. Ibu Elisa Sulistiorini (Skor 1175)
2. Ibu Laily Endah (Skor 1170,5)
3. Ibu Putu Eka Dewi (Skor 1170)

Apresiasi DPL terbaik (Non Reguler) :
1. Ibu Nur Shanty S (Skor 118,64)
2. Bapak Yusuf Hariyoko (Skor 118,53)
3. Bapak Mastuki (Skor 118,20)

Apresiasi Desa kelompok KKN Tematik :
1. Desa Pomahan Ponorogo (Luaran Terbanyak)
2. Desa Galengdowo Jombang (Pemberdayaan Masyarakat Terbanyak)

Video Inspiratif (kelompok KKN Reguler dan Tematik) :
1. Desa Babak Bawo
2. Desa Sembungan Kidul
3. Desa Pomahan Ponorogo


Video Inspiratif ( kelompok KKN Non Reguler) :
1. Desa Pangpong
2. Desan Sendang Laok
3. Desa Labang