Telp : 031-5921516

Workshop Information Retrieval Menggunakan Machine Learning

Kamis, 07 Februari 2019 - 10:03:44 WIB
Dibaca: 63 kali


Menjadi seorang pengajar apalagi bidang Informatika mau tidak mau membuat orang untuk terus menerus belajar dan mengupdate pengetahuannya. Hal ini merupakan dampak dari sangat cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka mau tidak mau pengajar bidang Informatika harus mengimbangi.

 

Dalam upaya untuk terus melakukan update pengetahuan dan teknologi, program sutudi Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengadakan Workshop "Workshop Information Retrieval Menggunakan Machine Learning". Workshop ini diikuti oleh mayoritas dosen Teknik Informatika Untag Surabaya, sedangkan pematerinya adalah Ibu Ghaluh Indah P. Sari. Ibu Ghaluh merupakan salah seorang dosen Teknik Informatika Untag Surabaya yang saat ini sedang menjalani studi lanjut di luar negeri. Selain Ibu Ghaluh, ada juga dosen Teknik Informatika Untag Surabaya lainnya yang sedang menempuh studi lanjut di luar negeri, seperti Bapak Samsul Huda, dan Bapak Bagus Hardiansyah.

 

Bidang Information Retrieval ini merupakan bidang yang saat ini sedang naik daun seiring dengan "ledakan" data yang terjadi di era 4.0. Seiring semakin mudah dan meluasnya jaringan internet serta teknologi digital, saat ini hampir semua orang memproduksi/menghasilkan data. Kemudian yang menjadi masalah adalah bagaimana merepresentasikan data dari sedemikian banyak data yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Information Retrieval. Salah satu manfaat dari Information Retrieval adalah untuk membaca makna dari sekumpulan data yang sangat banyak untuk kemudian dapat digunakan dengan lebih baik.

 

Dengan diadakannya workshop Information Retrieval ini diharapkan dapat memacu seluruh keluarga besar Teknik Informatika Untag Surabaya untuk terus menerus belajar dan mengupdate ilmu sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Untag Surabaya.