Telp : 031-5921516

Open Talk Teknik Informatika 2018

Selasa, 02 Oktober 2018 - 17:27:36 WIB
Dibaca: 36 kali


 

Open Talk merupakan kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Himatifta (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Untag Surabaya. Kegiatan ini mempertemukan seluruh pejabat Jurusan Teknik Informatika, dosen serta mahasiswa dalam satu tempat untuk bersama sama bermusyawarah membahas segala kendala yang dialami mahasiswa maupun dosen selama perkuliahan. Kegiatan ini sangat penting untuk diadakan, karena menjadi titik temu komunikasi antara jurusan dengan mahasiswa.

Open Talk Teknik Informatika untuk periode tahun 2018 diadakan hari Rabu 26/09/2018 di ruang Graha Wiyata Gedung L lantai 9 Untag Surabaya.  Turut hadir dalam acara ini Bapak Muaffaq Ahmad Jani yang sekaligus Wakil Rektor II Untag Surabaya, Bapak Geri Kusnanto yang merupakan Kaprodi Teknik Informatika Untag Surabaya, seluruh dosen serta mahasiswa. Acara dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pada pukul 16.30 WIB.

Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Geri Kusnanto selaku Kaprodi Teknik Informatika Untag Surabaya. Beliau mengatakan bahwa hendaknya mahasiswa menafaatkan kesempatan open talk dengan baik, untuk menanyakan, mengadukan, atau mengkonfirmasi hal hal yang ditemui selama perkuliahan. Karena hal ini sangat penting agar tidak menjadikan kesalah pahaman antara dosen dengan mahasiswa atau sebaliknya. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan pengurus Himatifta, yaitu Zachfiandika. Zachfiandika berpesan kurang lebih sama dengan pesan bapak kaprodi, yaitu untuk memanfaatkan momen opentalk dengan sebaik baiknya.

Acara berikutnya diisi dengan penjelasan tentang PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) oleh Bapak Aris Sudaryanto. Beliau memberikan tips dan trik dalam pembuatan proposal PKM sekaligus menyemangati mahasiswa agar mengikuti kegiatan PKM ataupun lomba sejenis lainnya.  Lomba lomba seperti PKM, Gemastik dan lain lain sangat penting untuk perkembangan mahasiswa maupun untuk kemajuan jurusan. Karena dengan aktif mengikuti lomba, maka akan membentuk budaya belajar dan budaya kompetisi yang baik bagi perkembangan keahlian mahasiswa. Bagi jurusan juga bisa sangat membantu dalam meningkatkan kualitasnya. Selain itu beliau juga menyarankan untuk terus mengidupkan komunitas komunitas keilmuan yang ada di Teknik Informatika, seperti komunitas android, komunitas robot dan lain lain. Karena dari komunitas komunitas tersebut bisa mencetak para mahasiswa yang ahli pada bidangnya masing masing.

Pada sesi tanya jawab banyak pertanyaan yang muncul dari mahasiswa, misalnya tentang teknis pembimbingan PKM. Pertanyaan ini dijawab dengan menegaskan bahwa setiap dosen Teknik Informatika telah siap untuk membimbing mahasiswa yang ingin mengikuti PKM atau lomba sejenisnya. Ada pula pertanyaan dalam hal kurikulum yang akhirnya dijawab dengan sebuah himbauan agar mahasiswa senantiasa memperhatikan mata kuliah dan praktikum yang diambil, karena untuk mahasiswa dengan kurikulum KKNI (angkatan 2016, 2017 dan seterusnya) setiap mata kuliah yang memiliki praktikum, harus diambil dalam semester yang sama, dan keduanya harus lulus.

Terakhir muncul pertanyaan dari para asisten laboratorium terkait penjadwalan praktikum, dikarenakan jumlah praktikan pada periode ini diperkirakan akan meningkat. Bapak Kaprodi menyarankan kepada para asisten lab untuk lebih berusaha melakukan penjadwalan dengan baik, dikarenakan banyaknya jumlah mahasiswa praktikan pada periode ini.

Atas terselenggaranya kegiatan open talk ini, semua pihak sangat mengaharpkan agar kedepan bisa menjadikan Teknik Informatika Untag Surabaya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.