Telp : 031-5921516

Workshop Android Himatifta Bersama Surabaya Dev Berjalan Lancar

Senin, 01 Oktober 2018 - 17:29:00 WIB
Dibaca: 73 kali


 

Minggu 30/09/18 kemarin telah digelar workshop pemrograman android yang diselenggarakan oleh Himatifta (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Untag Surabaya. Workshop pemrograman android bertema "Mempelajari dan Mengembangkan Pemrograman Android" ini dipandu oleh narasumber dari komunitas Surabaya Developer bernama Naufal. Kegiatan ini berlangsung selama sekitar sembilan jam, dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia, yaitu Johanes Gok Mauliate. Gok merasa senang dengan diselenggarakannya kegiatan ini serta berharap kegiatan serupa terus diadakan dan berlanjut secara berkala. Pelatihan dengan peserta sekitar dua puluh orang ini kemudian dilanjutkan ke acara utama yaitu pelatihan pemrograman android.

Materi pertama yang disampaikan adalah pengenalan android, lalu dilanjutkan dengan pembuatan user interface atau antarmuka. Selanjutnya materi yang diberikan adalah pembuatan single activity. Activity bisa dikatakan merupakan "kanvas" dari sebuah proses aplikasi android. Setelah peserta bisa membuat single activity, kemudian pemandu mengajarkan peserta untuk membuat multi activity. Multi activity bisa digunakan sebagai trik untuk membuat splash screen (tampilan aplikasi seolah olah bergerak seperti animasi).

Kemudian Naufal mengajarkan bagaimana cara mensikronkan antar activity yang telah dibuat, hal ini berfungsi agar proses aplikasi android menjadi runut, teratur dan saling terkait. Contohnya pada aplikasi form login, jika username dan password benar maka activity akan berpindah ke activity (proses) berikutnya, sedangkan jika salah maka program akan memberikan peringatan. Sampai pada tahap ini peserta yang merupakan mahasiswa Teknik Informatika Untag Surabaya cukup antusias dan dapat mengikuti dengan baik.

Pada akhir sesi sebenarnya Naufal menginginkan untuk memberikan lagi materi penggabungan JSON dengan Pemrograman Android, namun karena waktu sudah tidak memungkinkan maka dengan sangat terpaksa pelatihan diakhiri. Naufal berharap kedepan diberi kesempatan kembali untuk saling berbagi ilmu dengan mahasiswa Untag Surabaya. 

Pengumuman Pendaftaran Workshop Android Himatifta dapat dilihat pada tautan berikut ini : Workshop Pemrograman Android