Telp : 031-5921516

Sidang Tugas Akhir Mahasiswa Informatika Untag Surabaya Berjalan Lancar

Jumat, 27 Juli 2018 - 23:21:29 WIB
Dibaca: 64 kali


 

Tugas Akhir adalah karya ilmiah yang disusun oleh mahasiswa setiap program studi berdasarkan hasil penelitian suatu masalah yang dilakukan secara seksama dengan bimbingan dosen pembimbing. Tugas akhir merupakan salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa untuk memperoleh gelar akademik sesuai pendidikan yang ditempuhnya. Pada hari Selasa hingga Kamis tanggal 17-19 Juli 2018 lalu telah dilaksanakan Sidang Tugas Akhir yang diikuti oleh 145 orang mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya.

Sidang tugas akhir Teknik Informatika Untag Surabaya terbagi keadalam beberapa grup riset sesuai dengan topik tugas akhir yang diteliti oleh mahasiswa. Terdapat tiga grup riset antara lain grup riset hardware dan jaringan, grup riset kecerdasan buatan dan computer vision serta grup riset sistem informasi. Setiap mahasiswa akan dibimbing dan diuji oleh dosen sesuai dengan grup riset dari topik tugas akhir yang diambil oleh masing-masing mahasiswa. Pada sidang tugas akhir ini mahasiswa diharapkan mampu mempertahankan ide atau gagasan ilmiahnya sehingga mampu menghasilkan karya yang original. Beberapa kekurangan pada tugas akhir ini akan disempurnakan lagi melalui tahap revisi sesuai arahan penguji pada sidang tugas akhir tersebut.

Secara garis besar sidang tugas akhir berjalan dengan lancar mengedepankan iklim akademis yang baik. Berbagai kreativitas mahasiswa dituangkan dalam presentasi dan karya tulis. Salah satu karya yang cukup unik dari sidang akhir mahasiswa Teknik Informatika Untag Surabaya periode ini yakni pembuatan sebuah tempat sampah pintar yang dapat membedakan sampah logam, sampah basah, ataupun kering. Tempat sampah pintar ini bisa mendeteksi beberapa jenis sampah karena didalamnya mengandung sensor-sensor yang akan mengetahui jenis sampah yang dimasukkan kedalam tempat sampah. Kemudian setelah diketahui jenis sampah yang dimasukkan kedalam tempat sampah, tempat sampah pintar ini akan secara otomatis menyortir dan menggabungkan sampah tersebut sesuai dengan jenisnya di tempat yang telah disediakan.

Harapan ke depan semoga mahasiswa mahasiswa Teknik Informatika Untag Surabaya dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat serta menjadi pengetahuan baru melalui tugas akhir yang dilakukannya. (ars)