Telp : 031-5921516

Dilatih Desain, Staf Ponpes At Tahririyah Antusias

Minggu, 10 Juni 2018 - 14:53:34 WIB
Dibaca: 97 kali


Salah satu pelatihan yang diberikan dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Ekonomi Untag Surabaya lalu adalah pelatihan desain grafis. Pelatihan desain grafis ini ditangani oleh tiga orang dosen dari Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya, yaitu Ibu Nuril Esti Khomariah, Bapak Elsen Ronando, serta Bapak Aris Sudaryanto. Peserta pelatiihan desain grafis ini hanya sepuluh orang staf. Memang pesertanya dibatasi, mengingat sarana prasarana yang terbatas, serta perlu kemampuan dasar desain untuk mengikuti pelatihan ini.

 

Pada awalnya memang cukup banyak kendala yang harus dihadapi oleh pemateri. Mulai dari proyektor yang kurang "bersahabat" hingga harus gonta ganti berkali kali, dan akhirnya memakai lagi proyektor semula dengan kondisi seadanya. Juga dari sejumlah komputer yang digunakan, ternyata tidak semuanya sudah terinstall program / software desain, maka perlu diinstall satu per satu terlebih dahulu.

 

Setelah semua sarana sudah siap, barulah pelatihan dimulai. Ada yang menarik selama pelatihan dilakukan, ternyata ada seorang staf pondok pesantren yang justru sudah cukup mahir dalam melakukan desain, terutama dalam mendesain kitab kitab kuning. Hal ini karena memang beliaulah satu satunya staf di pondok yang meahir mendesain, maka hampir semua pekerjaan desain diserahkan kepada beliau. Namun disisi lain hal itu justru semakin memupuk keahlian beliau dalam hal desain.

 

Mengajari staf yang sebelumnya belum pernah bersentuhan dengan software desain memang memerlukan waktu dan kesabaran ekstra. Maka jadilah para pemateri harus membimbing mereka satu demi satu, mulai dari tahap yang benar benar awal.


Namun ada sisi menarik dari kelas pelatihan desain ini, setelah para peserta diajari satu per satu, mereka mulai ketagihan untuk "nguthek uthek" desain masing masing, bahkan hingga lupa waktu istirahat. Hingga akhirnya kelas pelatihan desain diakhiri, para peserta masih saja asyik melanjutkan desain mereka masing masing.

 

Hal tersebut tentu saja menjadikan kesan yang sangat berarti bagi para pemateri pelatihan. Semoga dengan adanya pelatihan ini, minimal bisa mengenalkan tentang software desain kepada para staff di lingkungan pondok pesantren At Tahririyah modung Bangkalan ini. Kedepan diharapkan akan ada banyak staf yang mahir dalam menggunakan software desain, sehingga bisa membuka peluang baru bagi Pondok Pesantren.