Telp : 031-5921516

Persiapan Pengabdian Kolaborasi Informatika dan Ekonomi

Senin, 16 April 2018 - 11:35:44 WIB
Dibaca: 71 kali


Ada yang menarik dari rapat persiapan pengabdian masyarakat yang minggu lalu digelar oleh Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya. Biasanya, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan Jurusan Teknik Informatika hanya bersifat internal saja, artinya hanya dosen dan karyawan Informatika yang mengikuti. Namun Rabu 11 April lalu, ada beberapa perbedaan. Pada rapat Rabu lalu, turut hadir pula rombongan dosen dari Jurusan Ekonomi Untag Surabaya. Tujuannya adalah jelas, untuk melakukan kolaborasi dalam Pengabdian Masyarakat yang akan digelar di Pondok Pesantren At Tahiriyah, Modung, Bangkalan nanti.

Pak Hari dari jurusan Ekonomi memulai rapat ini dengan menceritakan perjalanan panjang hubungan baik antara Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan dengan Untag Surabaya. Bahkan kerjasama antara Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan sudah terjalin sejak tahun 1987. Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan sudah memiliki MoU dengan jurusan Ekonomi untag Surabaya. Awal mula kerjasama antara Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan dengan Jurusan Teknik Informatika adalah ketika para siswa dan siswi Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan mengalami kegagalan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kemudian Pak Agus Darwanto dari Jurusan Teknik Informatika membantu Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan berdasarkan rekomendasi dari Pak Hari Ekonomi. Sejak itulah kerjasama antara Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan dengan Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya dimulai, dan masih berlangsung hingga saat ini. Dan sekarang Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan bahkan sudah dapat membantu sekolah lain untuk melaksanakan UNBK.

Untuk diketahui, Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan ini sudah memiliki aset yang cukup banyak, namun masih memerlukan banyak sumber daya untuk pengelolaannya. Dari segi pendidikan, Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan memiliki sebuah RA (Raudhatul Atfal), atau semacam Play Group, memiliki sekolah dasar, memiliki SMP dan SMA. Dari segi perekonomian, Pondok Pesantren At Tahiriyah Modung Bangkalan sudah memiliki kapal penangkap ikan laut lepas, klinik rawat inap yang sudah dilengkapi dengan ambulance, 25 buah mesin jahit, 8 buah mesin obras, serta koperasi siswa.

Kegiatan Pengabdian dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 1 Mei 2018, dengan peserta sekitar 50 orang dari Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Ekonomi Untag Surabaya. Pak Heri dari Jurusan Ekonomi bahkan mengatakan bahwa pihak Pondok Pesantren akan melakukan kegiatan penyambutan besar besaran untuk kegiatan pegabdian masyarakat ini.

Dosen dosen dari Jurusan Ekonomi Untag Surabaya yang turut hadir dalam rapat ini antara lain adalah Pak Heri, Pak Sampoena, Bu Ulfi, Bu Yuliar serta Bu Erwin. Sedangkan dari Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya hampir semua dosen menghadiri rapat ini.
Kedepan, sangat diharapkan berbagai kolaborasi lain juga an=kan muncul antara Jurusan Ekonomi dengan Jurusan Teknik Informatika Untag Surabaya.