Telp : 031-5921516

Portal Jasa Servis Mobil : Membantu bengkel dan masyarakat

Rabu, 22 Februari 2017 - 08:01:12 WIB
Dibaca: 14 kali


Mochammad Bachrum Firdaus Wibisono mahasiswa Prodi Teknik Informatika UNTAG Surabaya ciptakan Portal Jasa Servis Mobil Area Surabaya Berbasis Web. Website portal jasa servis mobil untuk membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha jasa servis mobil dan para client.

Seiring dengan dengan kebutuhan masyarakat akan kendaraan pribadi seperti kebutuhan akan mobil semakin meningkat dikota-kota besar terutama kota Surabaya sehingga mengakibatkan perlunya perawatan, pemeliharaan dan perbaikan pada mobil yang dimiliki pengguna. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web guna memberikan informasi akurat dan lengkap tentang bengkel mobil sekaligus memberikan peluang  pemilik usaha bengkel mobil untuk memperkenalkan dan mempromosikan lebih luas usaha bengkel mobilnya.

Mochammad Bachrum Firdaus Wibisono mengatakan portal jasa servis mobil diciptakan menggunakan bahasa pemrpgraman PHP, Javascript dan database MySql. Portal jasa servis mobil dirancang dengan fitur User interface diharapakan dapat mempermudah orang yang ingin mendapatkan informasi bengkel mobil dan pemesanan servis.

Memuat fitur menu lengkap seperti halaman menu utama, halaman menu register, halaman menu utama client ini menampilkan data client secara detail. Untuk melakukan order, client bisa masuk menu order Implementasi menu utama client. Halaman menu utama bengkel menampilkan data bengkel secara detail dan pihak bengkel dapat mengambil orderan juga menginputkan data mekaniknya. Halaman menu data bengkel untuk melihat list bengkel yang sudah terdaftar menjadi member di web portal bengkel.Halaman order client untuk membuat order service yang akan di take order oleh pihak bengkel.

“ Terdapat juga  halaman order darurat client untuk membuat order yang sifatnya darurat dan harus segera dilakukan penanganan oleh mekanik,halaman draf service untuk melihat riwayat order service yang pernah dilakukan oleh client, halaman profil client, halaman profil company, halaman edit profil, halaman input mekanik,halaman input merk mobil dan tipe mobil dan halaman konfirmasi order, tambah Bachrum.

“ Portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web ini dapat membantu menghubungkan dan menfasilitasi para pemilik usaha servis mobil dan para client, memudahkan para pemilik usaha servis mobil untuk mempromosikan bengkel mereka, memudahkan para client untuk mendapatkan informasi bengkel servis mobil yang mereka inginkan dengan cara melihat daftar bengkel yang sudah registrasi pada portal. Sistem yang berbasiskan web memudahkan para pemilik usaha servis mobil dan para client untuk mengaksesnya kapanpun dan dimana saja,” tutup Bachrum.

Penelitian portal jasa servis mobil area Surabaya berbasis Web ini di bimbing oleh Ir. Roenadi Kusdijarto,MM serta diuji oleh Supangat,S.Kom.MM dan M. Sidqon, ST. MSi pada 18 Januari 2017 di gedung Fakultas Teknik UNTAG Surabaya ruang K212.




Sumber Berita: warta17agustus.com