Telp : 031-5921516

Otomatisasi Perangkat Listrik Berbasis Arduino

Kamis, 04 Agustus 2016 - 11:42:43 WIB
Dibaca: 62 kali


Moh. Rivqi Amin mahasiswa Teknik Informatika, Fakultas Teknik (FT) UNTAG Surabaya ciptakan Otomatisasi Perangkat Listrik Rumah Tangga Menggunakan Android Berbasis Arduino. Karyanya ini diharapkan dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengontrol perangkat listrik di rumah dari jarak jauh.

Rivqi kepada warta17agustus.com mengatakan, Arduino merupakan salah satu mikrokontroller yang digunakan untuk kebutuhan seperti otomasi, robotika, maupun pengolahan database. Arduino juga menggunakan program open source yang penggunaannya tergolong mudah, karena menggunakan struktur pemrograman bahasa C. Selain itu, keungggulan dari Arduino ini dapat dihubungkan dengan banyak modul-modul shield yang penggunaannya plug and play.

“Penggunaan smartphone android sangat membantu manusia dalam beraktifitas seperti transaksi online, internet banking, mapping area, atau sebagai komunikasi antar pengguna android,” katanya, Rabu (3/8/2016).

Karya Rivqi ini memfungsikan teknologi android kedalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan otomatisasi perangkat listrik rumah tangga yang dikendalikan menggunakan perangkat android dapat membantu dan mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat mengontrol perangkat listrik di rumahnya dari jarak jauh dengan mudah dan cepat.

“Dalam pembuatan sistem otomatisasi ini dibutuhkan perangkat keras dan lunak,” jelasnya. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah Arduino Uno R3, Ethernet Shield for Arduino, Router TP-Link TL-MR3420, Adaptor 12 Volt, Real Time Clock (RTC), Relay 3 buah, 2 buah lampu dan 1 kipas, Smartphone android. Sedangkan, perangkat lunak yang diperlukan, Software Arduino IDE (untuk menulis program pada arduno R3 ), MITAppInventor (Online) untuk pembuatan aplikasi android dengan login G-mail.

Adapun cara kerja dan penggunaan karya mahasiswa asal Situbondo ini, (1) Menyambungkan perangkat listrik dengan minimum sistem arduino, dimana arduino dan etehnet shield sudah tersambung dengan router melalui rj-45, dan mengatur alamat IP dan port sekaligus fungsi ON/OFF untuk perangkat listrik, (2) Mengatur wireless pada router, password dan nama wireless, (3) Menginstall aplikasi yang telah selesai dibuat secara online di MITappInventor, kemudian diexport menjadi file APK, sehingga perangkat android bisa mengenali file tersebut, (4) Menyambungkan smartphone android dengan wireless yang telah diatur oleh router.

“Ketika aplikasi sudah dijalankan terdapat perintah untuk memasukkan alamat IP dan Port yang sebelumnya sudah diatur pada minimum sistem arduino dan Ethernet shield. Setelah menuliskan IP dan Port yang sesuai, maka sistem sudah dapat dijalankan sesuai fungsinya,” papar Rivqi.

Dengan perangkat otomatisasi ini, lanjut dia, pengguna dapat melakukan kontrol perangkat listrik langsung dari smartphone android yang tersambung dengan wireless. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan control penjadwalan untuk salah satu perangkat listrik yang diinginkan dengan mengatur kapan perangkat listrik itu menyala dan mati.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Moh. Rivqi Amin, Hp : +62857-3280-3690 / +62812-3005-5438, E-Mail : rivqiamin94@gmail.com.